Sebut PDIP Tak Akan Sendirian di Pilpres 2024, Effendi Simbolon: Insya Allah Calonnya Ibu Puan


Politisi PDIP, Effendi Simbolon, mengatakan, partainya memang akan berkoalisi untuk hadapi Pilpres 2024. Ia berharap Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang bisa diusung partainya untuk maju dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

"Enggak lah (PDIP sendirian). Pasti koalisi. Cuma insya Allah calonnya ibu Puan. Ya, kami coba pokoknya ikhtiar," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Ia sesumbar nantinya PDIP hanya memunculkan satu nama calon presiden yang akan diusung. Soal isu PDIP kekinian memunculkan tiga nama, menurutnya hal itu tak mungkin.

"Sampai nanti diputuskan ibu megawati. Enggak ada lagi nama lain. Bahwa nanti dicalonkan dng siapa, itu kapan waktunya, itu ibu. Cuma pasca Rakernas cuma Puan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Effendi meyakini Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri tak akan menyampaikan nama capres pilihanya di akhir waktu.

"Enggak lah (di last minute). Kita kan butuh dukungan dari lain, enggak semepet itu lah," tandasnya.

Puan Tanya Langsung ke Mega

Puan Maharani sebelumnya sempat terekam bertanya langsung kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri terkait nama calon presiden yang akan dipilih untuk diusung di Pilpres 2024.

Puan bertanya kepada Megawati bahwa apakah nama figur capres pilihannya yang kekinian masih disembunyikan jajaran DPP partai sudah ada yang mengatahui atau belum.

"Ibu ketum udah ada belum DPP yang tahu isi hati ibu soal capres?," kata Puan saat menikmati hindangan bakso usai Rakernas kedua PDIP ditutup, Kamis (24/6/2022).

Mendengar pertanyaan Puan tersebut, Megawati yang berada di sebelah kanan Puan pun memberikan jawaban di hadapan para awak media.

"Coba tanya sama DPP-DPP nya," jawab Megawati.

Sebelumnya, Puan memang mengatakan, bahwa nama calon presiden pilihan sudah ada di dalam hati Megawati. Namun, nama itu belum bisa disampaikan.

"Ya udah ada dong pastinya cuma kan ada di dalem hati ibu ketum, belum bisa disampaikan," tuturnya.

Nama Capres

Untuk diketahui, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputeri memberikan sinyal belum akan mengumumkan nama capres-cawapres yang akan diusung PDIP untuk hadapi Pilpres 2024 dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato politiknya dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kedua PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis.

Awalnya Megawati menyampaikan, bahwa adanya Sekolah Partai PDIP untuk menggembleng para kader-kader untuk menjadi seorang pemimpin.

Megawati lantas menyinggung soal banyaknya pertanyaan yang diterima kepada dirinta terkait kapan akan mengumumkan nama capres-cawapres yang akan diusung PDIP. Ia meminta semua pihak bersabar.

"Tentu semuanya berpikir kenapa ya ibu?

'Sudah banyak itu pertanyaan kapan mau mendeklarasikan calon presiden dan calon wakil presiden?' ya sabar lah sedikit," kata Megawati disambut tangan kader.

Menurutnya, penyelenggaraan Pilpres 2024 masih terbilang lama. Untuk itu, ia mengaku tak terburu-buru dalam mengumumkan nama capres-cawapres yang diusung.

"Orang waktunya masih dua tahun lah dua tahun lah ya boleh dong, saya umpetin aja terus."

Sumber: suara
Foto: Politisi PDI Perjuangan EFfendi Simbolon/Net
| RakyatPos.ID