Page Nav

HIDE

JAWA

latest

Ads Place

Firli Bahuri Sebut KPK Belum Tanya Keberadaan Harun Masiku ke PDIP



Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan lembaganya masih mencari keberadaan Harun Masiku. Firli mengatakan akan mencari Harun sampai ketemu. “Kami komitmen cari sampai ketemu,” kata dia di Kompleks DPR Senayan, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2022.

Firli Bahuri mengatakan KPK telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari bekas calon legislatif dari PDIP tersebut. Dia mengatakan KPK telah kerja sama dengan kepolisian yang memiliki jaringan di dalam negeri. Pihak Imigrasi juga digandeng untuk mengawasi pintu masuk dan keluar dari wilayah Indonesia.

Firli mengatakan juga sudah bekerjasama dengan Interpol. Kerja sama dengan Interpol, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan Harun berada di luar negeri. “Kami menggunakan semua jaringan,” kata dia.

Harun Masiku telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu atau PAW anggota DPR periode 2019-2024 sejak Januari 2020. Hingga saat ini Masiku belum juga tertangkap.

Firli membantah bahwa masih belum ditangkapnya Harun karena kedekatan dengan PDIP. Sebelum menjabat Ketua KPK, Firli mengakui pernah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Firli mengatakan pertemuan tersebut tidak disengaja. “Kami tidak melihat latar belakang seseorang,” kata dia.

Kendati demikian, Firli mengakui KPK tak pernah bertanya mengenai keberadaan Harun kepada PDIP. Seperti diketahui, Harun merupakan kader PDIP. Kantor PDIP juga hampir digeledah dalam perkara suap yang melibatkan Harun Masiku. “Apa kaitannya bertanya ke PDIP?” kata Firli menjawab pertanyaan wartawan.

Harun sudah menjadi buron KPK sejak awal 2020. Harun gagal ditangkap dalam operasi tangkap tangan yang digelar oleh KPK saat itu. Indonesia Corruption Watch mengkritik kinerja KPK yang gagal menangkap Harun meskipun waktu sudah berlalu 900 hari.

"Pada hari ini, ICW mengadakan sejumlah aksi, kali kami datang ke KPK untuk mengingatkan KPK sudah 900 hari buronan mantan caleg PDIP Harun Masiku tidak mampu diringkus oleh KPK," kata Kurnia di depan Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.

Selain di KPK, kata dia, ICW juga menggelar aksi di Tugu Pancoran, Jakarta Selatan dengan membentangkan spanduk besar juga untuk mengingatkan kepada masyarakat soal Harun Masiku yang belum mampu ditangkap.

Sumber: tempo
Foto: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri/Net
| RakyatPos.ID

Popular Posts