Page Nav

HIDE

JAWA

latest

Ads Place

Elon Musk Ditawarkan Luhut Investasi di Kalimantan Utara




RakyatPos.ID - Pemilik Tesla Elon Musk ditawarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk investasi kawasan industri hijau di Kalimantan Utara (Kaltara). Hal itu disampaikannya saat Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Tahun 2022, Rabu (25/5/2022).

Luhut sempat bertemu langsung dengan Musk saat berkunjung ke Texas, Amerika serikat (AS), pada bulan lalu. Tindak lanjutnya adalah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Musk di pabrik Space X pada pertengahan Mei.

Menurut Luhut, kawasan industri hijau terbesar di dunia itu akan dapat mewujudkan keinginan Musk untuk memproduksi produk ramah lingkungan.

"Ini salah satu bagian negosiasi saya dengan Tesla. Tesla itu kan tidak gampang negosiasinya. Saya bilang, `Elon, kalau kau mau dapat end to end, dapat produk baterai yang green product, dapat mobil yang green product, ya tempatnya di sini`," katanya.

Pembangunan kawasan industri hijau di Kaltara sudah dimulai sejak Desember 2021 lalu. Kawasan ini diklaim sebagai kawasan industri terintegrasi terbesar di dunia dengan luas hingga 30 ribu ha. Kawasan tersebut memiliki potensi 10 ribu MW listrik dari tenaga air (hydropower), 10 ribu MW listrik dari panel surya dan 2,9 TCF gas.
Video Player is loading.

"Ini satu yang akan mengubah, atau mentransformasi Indonesia. Kita punyathe largest integrated industrynanti di Kalimantan Utara," ujarnya,

Tim Tesla sendiri, terang Luhut, sudah berkunjung ke Indonesia. Ia mengklaim mereka terkesan pada perkembangan hilirisasi nikel di Indonesia saat diajak ke Morowali.

Sumber: lawjustice

Popular Posts