Demi Naik Haji Pria Asal Magelang Kayuh Sepeda ke Arab Saudi 7 Bulan Lebih, Perjuangannya Bikin Takjub!


Muhammad Fauzan (28) pria asal Magelang berjuang untuk berangkat haji dengan menggunakan tranpsortasi sepeda ke Arab Saudi.

Kabarnya Fauzan telah melakukan perjalanan sejak bulan November 2021 dan telah melintasi Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah melewati negara-negara tersebut ia langsung menuju ke Arab Saudi dengan pesawat.

Selama dua minggu awalnya Fauzan berlatih fisik dan juga meyakinkan keluarganya bahwa dia memang punya tekad kuat untuk berangkat haji bersepeda, akhirnya kedua orang tuanya dan istrinya mengizinkannya untuk menjalankan tekadnya tersebut.

Muhammad Fauzan kurang lebih harus megayuh sepedanya dengan menempuh jarak hampir 5.000 kilometer demi lakukan perjalanan ibadah haji selama 7,5 bulan.

Dilansir dari Instagram @indonesiainjeddah, dengan bekal tabungannya yang berjumlah sekitar sepuluh juta, Fauzan memulai perjalanan panjang tersebut.

Perjuangan panjangnya pun berbuah hasil, pesepeda asal Magelang yang berniat haji dengan menggunakan trasportasi sepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi akhirnya tiba dan disambut oleh Konjen RI Jedah, Eko Hartono di KJRI Jeddah.

Konjen ikut senang akhirnya Fauzan bisa sampai Saudi dengan selamat dan akan berupaya membantunya untuk bisa mendapatkan tasrih haji demi menggapai cita-citanya untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Siapa sangka, awalnya Fauzan memulai perjalanan dari Magelang lalu melewati Jakarta, Sumatera, dan Batam. Dari Batam ia melanjutkan naik kapal menuju Singapura.  Ia sempat mengayuh sepeda melewati Malaysia dan Thailand.

Saat memasuki Myanmar dan India, ia tak mendapatkan izin. Sehingga ia harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat menuju Riyadh. Dari Riyadh ia kembali mengayuh sepeda menuju Jeddah.

Dilansir dari laman Muhammadyah, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi juga menyambut kedatangan Fauzan. Pihak PCIM kemudian mendampingi Fauzan untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai pihak termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat.

Agenda pertemuan ini ditujukan untuk bersilaturahmi sekaligus meminta arahan beliau untuk kemungkinan pelaksanaan ibadah haji yang menjadi tujuan Fauzan melakukan perjalanan ke Arab Saudi ini.

Dalam pertemuan tersebut, Fauzan bercerita tentang motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji.

Tidak lupa juga berkisah seputar terjalnya perjalanan dari Indonesia hingga sampai ke Riyadh. Kuatnya tekad mengunjungi rumah Allah dan mengikuti ibadah haji menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda.

Abdul Aziz Ahmad kemudian memberikan beberapa arahan di antaranya untuk menghubungi teknis haji KJRI (Konsul Jenderal RI) di Jeddah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan ibadah haji warga negara Indonesia dan akan memberikan surat pengantar ke sana. 

Ia juga berpesan kepada Fauzan untuk menjaga kesehatannya mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini adalah musim panas dengan suhu di atas 40 dan memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut.

Dengan kehadiran Fauzan yang bersepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi ini, Abdul Aziz Ahmad berpesan kepada Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya untuk menghubungkan kepada asosiasi-asosiasi pesepeda yang ada di Arab Saudi sebagai salah satu jalan diplomasi Indonesia-Arab Saudi melalui kegiatan berolahraga.

Diharapkan hal ini akan menjadi salah satu jalan Fauzan untuk bisa mendapatkan porsi haji dari Pemerintah Arab Saudi. 

PCIM Arab Saudi juga akan senantiasa berusaha membantu Fauzan dalam mewujudkan keinginannya untuk berhaji dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selama keberadaannya berada di Arab.

Sumber: disway
Foto: Demi Naik Haji Pria Asal Magelang Kayuh Sepeda ke Arab Saudi 7 Bulan Lebih--Instagram/@indonesiainjeddah
| RakyatPos.ID