Rizal Ramli: Daripada Jadi Bebek Lumpuh Lebih Baik Undur Diri, Ojo Rumongso Biso



RakyatPos.ID -Kepemimpinan Presiden Joko Widodo dinilai sudah tidak efektif lagi. Pasalnya, Jokowi sudah menjadi “lame duck” atau bebek lumpuh, yang tidak bisa lagi memimpin barisan pengikutnya.

Tokoh senior, DR. Rizal Ramli mengatakan bahwa suara Jokowi kini sudah tidak lagi didengar oleh para bawahannya. Sejumlah pengumuman yang tegas disampaikan di depan publik, tidak langsung dikerjakan oleh para menteri.



Kondisi demikian dipastikan akan membuat rakyat jadi pihak paling dirugikan. Sebab, perintah yang bertujuan untuk kepentingan rakyat pasti akan diabaikan. Terlebih jika para menteri berada di bawah kaki tangan oligarki yang diuntungkan.

Atas alasan itu, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur tersebut menyarankan Jokowi untuk undur diri segera dari singgasananya.

“Daripada jadi “lame duck”, tidak effektif, istilahnya “bebek lumpuh” 2 tahunan lagi, yang sangat merugikan rakyat dan bangsa, adalah bijaksana jika undur diri,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Minggu (22/5).

Jokowi harus segera sadar dengan posisi dan kedudukannya saat ini. Jika memang tidak lagi bisa memberi perintah untuk mensejahterakan rakyat, maka jalan terbaik adalah meninggalkan jabatan dan memberi kesempatan bagi mereka yang kompeten.

“Cukup sampai di sini saja akibat sadar “ojo rumongso biso nanging biso rumongso” (bukan merasa bisa namun bisa merasa) ,” tutupnya. 

Sumber: RMOL