Pernah Nolak Tawaran Jadi Duta Besar, Jusuf Hamka: Saya Nggak Bisa Pakai Baju Rapih



RakyatPos.ID - Bos jalan tol Jusuf Hamka pernah ditawarkan oleh seorang pejabat untuk menjadi salah satu duta besar Indonesia.

Alih-alih menerima, sosok mualaf keturunan Tionghoa tersebut malah menolak lantaran dia tidak bisa berpakaian rapih. 

Cerita menarik tersebut diketahui dari sebuah unggahan video di akun TikTok @mental.suksesku belum lama ini. 

Dalam video singkat itu Jusuf Hamka sedang menuturkan bahwa ia pernah menolak jadi duta besar yang ditawarkan seorang pejabat kepadanya. 

"Saya dipanggil seseorang yang cukup berkompeten ditawarkan jadi duta besar," kata Jusuf Hamka. 

Alasan Jusuf Hamka menolak tawaran tersebut lantaran ia tidak terbiasa mengenakan pakaian formal seperti berjas dan berdasi. 

"Maaf saya nggak pengen jadi duta besar. Kenapa? Saya bilang nggak mau, saya nggak bisa pakai dasi, saya suka kecekek kalau pakai dasi. Saya punya baju juga, saya nggak pernah bisa pakai baju rapih," paparnya. 

"Baju saya apa adanya dan saya pakai celana juga celana jeans. Jadi saya kalau jadi duta besar, saya high profile," sambung Jusuf Hamka. 

Anak angkat Buya Hamka ini menambahkan kalau dirinya lebih nyaman menjalani hidup dengan dikelilingi orang-orang jalanan. 

"Saya mau berinteraksi dengan saudara-saudara kita yang termarjinalkan," pungkasnya. 

Unggahan video itu sontak saja sukses mematik atensi warganet di kolom komentar. Tak sedikit dari mereka yang terkagum-kagum dengan prinsip yang dipegang Jusuf Hamka tersebut. 

"Subhanallah orang kaya yang sesungguhnya. Kaya harta dan juga kaya hati luar biasa," tulis akun @alkhuma**. 

"Sungguh mulia akhlak bapak ini, salut banget gak gila dengan jabatan, dia selalu berdiri sama tinggi duduk sama rendah. Masya Allah," imbuh akun @omaaa**. 

"Ini baru bener-bener sultan tidak sombong dan rendah hati masya Allah sehat selalu ya pak amin ya rabbalalamin," ungkap akun @darmawati**. 

"Ingin rasanya ketemu beliau, mungkin bisa dapat karomah supaya bisa belajar hidup ikhlas," sahut akun @fauzi_soentoe**. 

"Selalu membuat gue kagum sosok beliau. Alangkah bahagia nya alm orang tuamu pak Jusuf," beber akun @rian.cileu**. 

"Andai petinggi negara ini memiliki pemikiran seperti ini saya yakin Indonesia bakal makmur, aman dan tak akan ada demo," tandas akun @pangeranbiru**. 

Sumber: suara